Berdakwah Dengan Hati

Senin, 28 November 2016

Sebelum Tidur, 2 Tindakan Sepele Penuh Manfaat Ini Sering Terlupakan

Mozaik Islam - JIKA kita merasa lelah, tentu kita akan langsung beristirahat, bukan? Ya, memejamkan mata dalam jangka waktu tertentu, hingga akhirnya memulai kembali aktivitas seperti biasa. Dan Allah telah menempatkan waktu yang baik untuk beristirahat itu pada malam hari.

Tetapi, banyak orang seringkali lupa melakukan hal-hal yang bermanfaat sebelum tidur. Padahal, sebagai seorang hamba Allah, merindukan surga menjadi impian. Hanya saja, banyak orang lalai terhadap perilaku yang akan mengantarkannya ke surga. Salah satunya tidak melakukan dua hal sepele tapi ternyata memiliki manfaat yang luar biasa.





Ya, ternyata memang ada dua hal sederhana yang bisa membawa dampak luar biasa jika kita lakukan rutin sebelum tidur. Apa sajakah dua hal yang dimaksud?

Kedua hal itu meliputi, memaafkan orang yang sudah menyakiti dan bersyukur atas nikmat Allah. Ya, hal-hal tersebut terkadang luput dari perhatian kita. Kedua hal tersebut terlihat sepele dan tidak berdampak besar, tapi tahukah Anda keutamaan 2 ritual tersebut?

Memaafkan kesalahan orang lain memang tidak semudah telapak tangan. Setiap hari bisa saja kita membuat orang lain tersinggung oleh perbuatan dan perkataan kita atau bisa saja kita yang merasa tersakiti oleh orang lain. Percaya atau tidak, jika ini dibiarkan, hati akan merasa dendam dan akhirnya membenci orang bersangkutan. Jika kita terbiasa memaafkan kesalahan orang sebelum tidur, esoknya hati menjadi lebih lapang dan melakukan aktivitas dengan tenang.



Ada riwayat yang menjelaskan keutamaan memaafkan kesalahan orang sebelum tidur, bahwa pada suatu hari Rasulullah dan para sahabat sedang berkumpul di masjid. Beliau mengatakan bahwa akan datang seorang ahil surga. Kemudian datanglah seorang Badui. Hingga dua hari berikutnya Rasulullah mengatakan hal yang sama, kemudian datanglah orang Badui yang sama. Para sahabat merasa bingung apa yang membuat orang Badui ini disebut calon penghuni surga. Seorang sahabat bernama Amr bin Amru bin Ash merasa penasaran kemudian berniat mencari tahu amalan yang dikerjakan orang Badui tersebut.

Singkat cerita, Amr menginap di rumah orang Badui tersebut selama tiga hari tapi tidak menemukan amalan istimewa yang sekiranya menjadi nilai tambah menjadi penghuni surga. Akhirnya Amr bertanya kepadanya, mengapa Rasulullah sampai menyebutnya calon penghuni surga. Orang Badui itu bingung dan mengingat amalan yang ia lakukan, “Sebenarnya setiap malam sebelum aku tidur, aku selalu mendoakan orang-orang dan memaafkan semua kesalahan (mereka) dan mengikhlaskan semua, lalu aku berdoa untuk mereka,” tuturnya. Amr terkejut dan berkata, “Ya Paman, sekarang aku percaya bahwa kau calon penghuni surga. Dengan amalan itu kau akan dimasukkan ke dalam surga.”

Ini membuktikan keutamaan memaafkan kesalahan orang lain sebelum kita tertidur. Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tapi juga bisa menjadi jaminan atau penambah amal kita sehingga bisa menempati surga-Nya nanti.

Sedangkan manfaat mensyukuri nikmat Allah seharian ini ialah mengakui semua kenikmatan itu datangnya dari Allah dan menambah kadar keimanan kita. Orang yang senantiasa bersyukur juga dekat dengan kebahagiaan karena selalu mensyukuri nikmat sekecil apa pun yang Allah berikan padanya. Dengan bersyukur, kita menjadi semakin yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik.

Bersyukur membuat semua penyakit hati hilang. Tidak peduli apa yang kita dapatkan selama ini, kita tetap yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik. []

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebelum Tidur, 2 Tindakan Sepele Penuh Manfaat Ini Sering Terlupakan