Berdakwah Dengan Hati

Senin, 28 November 2016

Shalat Lima Waktu dapat Lunasi Utang, Benarkah?

Mozaik Islam  - DALAM memenuhi kebutuhan, biasanya ada orang yang memang masih mengalami kekurangan. Untuk itu, ada yang melengkapinya dengan cara berutang. Ya, berutang menjadi salah satu solusi agar apa yang dibutuhkan bisa tertutupi. Hingga kemudian, ketika seseorang telah memiliki rezeki berlimpah, ia bisa mengembalikan apa yang telah dipinjam itu.

Ketika akan melunasi utang, biasanya selalu terjadi kendala. Dimana apa yang direncanakan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Seperti halnya, seharusnya ia memperoleh tambahan dari hasil kerjanya, ternyata tidak akibat ada masalah tertentu. Alhasil, niat ingin melunasi utang jadi terhambat. Jika sudah begini, harus bagaimana?






Ada yang mengatakan bahwa dengan shalat lima waktu, maka utang bisa terlunasi. Benarkah demikian?

Nah, hal ini cukup menarik untuk disimak dan mungkin banyak dari kita yang belum tahu akan hal ini. Kebanyakan orang saat berutang akan lari ke bank atau lembaga riba lainnya untuk menutup utang mereka, lalu kenapa tidak lari kepada Allah? Karena tidak tahu bahwa bantuan Allah itu dekat.

Sedikit contoh, ada orang yang cerdas bertanya “bisakah utang dibayar dengan shalat? Bukankah membayar utang itu harus dengan uang?”

Jawabannya adalah benar, membayarnya harus dengan uang. Tapi, pernahkah Anda berpikir darimana sebenarnya uang bisa didapat untuk melunasi utang tersebut? Jawabannya adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hanya Allah yang berkuasa memberikan dan melapangkan rezeki manusia, termasuk salah satunya rezeki uang. Shalat merupakan jalan yang dikatakan di dalam Al-Quran untuk mendatangkan pertolongan Allah kepada kita. Poinnya adalah uang itu datang dari Allah, dan melunasinya adalah dengan uang.

Kemudian orang yang cerdas tadi protes, mungkinkah setelah shalat uang langsung akan jatuh dari langit?



Tanpa kita sadari banyak cara Allah dalam memberikan rezeki kepada hambanya, jalannya pun sama sekali tidak pernah kita duga-duga. Berapapun jumlah utang manusia, jika Allah sudah berkehendak maka pertolongan itu akan datang seperti keajaiban. Untuk memperoleh keajaiban tersebut cobalah mendekatkan dan menyerahkan diri pada-Nya dengan shalat.

Coba simak firman Allah dalam QS. Al-Baqarah: 145, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.”

Maksud dari ayat di atas adalah, dalam membayar utang yang Anda tidak mampu melunasinya, maka mintalah pertolongan Allah dengan sabar dan shalat.

Siapa yang dapat menghalangi jika Allah sudah menolong kita?

Dalam QS. Ali Imran: 160, “Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.”

Maka jadikanlah shalat lima waktu sebagai sarana mendatangkan pertolongan Allah, dan bersabarlah setelah itu. Cobalah bersungguh-sungguh dan buktikan hanya kepada-Nya saja kita meminta.

Oleh sebab itu, laksanakanlah shalat dengan tata tertib dan rukun yang benar, serta kekhusyuan dalam menjalankannya. Kemudian tunggulah keajaiban yang akan terjadi dalam hidup Anda. Bisa jadi bisnis yang Anda jalankan mulai menanjak dan menghasilkan, atau penagih melunak hatinya, dan jalan-jalan lain yang tidak disangka-sangka sebelumnya. Sungguh Allah menguasai segala jiwa dan harta yang ada di muka bumi ini. []

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Shalat Lima Waktu dapat Lunasi Utang, Benarkah?